Sabtu, 13 Desember 2014

Perkembangan Janin dalam Kandungan

Menantikan lahirnya sang buah hati memang sangat membuat para ibu muda penasaran. Kadang diantaranya ada yang ingin mengetahui perkembangan si janin dalam kandungan setiap bulannya.
Berikut sedikit informasi tentang Pola Perkembangan Janin dalam kandungan setiap bulannya:

1. Usia 0 - 1 Bulan
Pada usia ini janin masih berukuran sangat kecil kurang lebih sekitar 2 mm,
dalam perkembangannya selama 0 - 1 bulan janin mulai membentuk bagian kepala dan hati mulai terbentuk,sistem pencernaan berupa saluran sederhana dan jaringan jaringan embrionik mulai muncul.





  
2. Usia 1 - 2 Bulan
Pada usia selanjutnya yaitu di masa kehamilan 1 - 2 bulan pola yang terjadi pada janin adalah mulai terbentuknya tulang, sistem pencernaan,sistem syaraf dan sirkulasi mulai berfungsi.pada usia ini juga mulai tebentuk wajah dari si janin dan juga kelamin dalam si janin tetapi masih belum dapat dibedakan.



 
3. Usia 2 - 3 Bulan
Pada usia kandungan 2 - 3 bulan organ dalam seperti ginjal, hati dan sistem pencernaan sudah berfungsi dengan baik, bagian tubuh seperti lengan tangan dan kaki mulai terlihat jelas.Pada bagian wajah mulai terlihat tumbuhnya bulu mata dan alis. Kelamin luar mulai dapat dibedakan. pada usia ini ibu hamil juga akan mulai merasakan gerakan lembut dari si janin.



4. Usia 3 - 4 Bulan
Pada masa ini detak jantung si janin mulai dapat dirasakan dengan menggunakan bantuan alat USG (Ultrasonografi). Pergerakan janin juga mualai meningkat.
Sudah mulai terbentuknya struktur tulang di seluruh tubuh, jaringan kulit yang sempurna dan sudah terlihat jelas bentuk kelamin dari si janin. Pada usia ini juga biasanya kebiasaan di Indonesia sering mensyaratinya dengan acara ngupat atau 4 bulanan, karena di bulan ke empat ini si janin mulai diberikan nyawa dari Sang Pencipta.





5. Usia 4 - 9 Bulan










Pada usia 4 - 5 bulan adalah mada dimana mulai terbentuknya lemak di bawah kulit janin. pada usia 6 bulan janin sudah mulai dapat mendengar suara dari luar dan ibunya pada saat ibunya berbicara, pada masa ini juga mulai tumbuhnya bulu rambut di kepalanya, pada periode ini disarankan ibu hamil banyak melakukan jalan di pagi hari. Memasuki periode bulan ke 7 janin mulai peka terhadap cahaya, pada masa ini juga kepala janin mulai ke bawah sebagai persiapan kelahiran. Pada usia kehamilan memasuki periode bulan ke 8 - 9, bayi mungil mulai mempersiapkan diri untuk hadir ke dunia dengan mulai menghilangnya bulu bulu halus pada tubuh si bayi. dan pada masa ini bersiaplah menyambut si buah hati anda di tengah tengah keluarga.

Untuk menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan disarankan ibu hamil banyak mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang didapat dari buah dan sayuran agar janin dan ibu tetap sehat, dan juga mungkin anda dapat mengikuti beberapa tips menjaga kesehatan janin dari artikel saya sebelumnya. Untuk dapat lebih jelas dan tau perkemabangan si janin sebaiknya periksakanlah perkembangan dan kesehatan si janin setiap bulanya ke bidan atau dokter, mini mal 4 kali selama masa kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar