Jumat, 05 Desember 2014

5 Macam Buah dan Sayuran Untuk Ibu Hamil

Memiliki bayi yang sehat adalah harapan semua ibu hamil, untuk dapat menjaga kesehatan bayi saat masih dalam kandungan salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Ibu hamil disarankan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran karena diantaranya adalah untuk menjaga ketahanan tubuh ibu hamil dan juga bagi janin yang masih di dalam kandungan.
Selain dapat menambah daya tahan tubuh ibu hamil dan janin yang masih dalam kandungan sayuran dan buah buahan juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat 5 macam buah dan sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Buah Alpukat
Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil adalah dari kan dungan asam folatnya yang tinggi. Selain untuk memperkuat syaraf bayi, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga menurunkan resiko bayi terlahir cacat. Asam folat atau vitamin B9 banyak terkandung dalam buah alpukat, karena sifatnya yang mudah larut dalam cairan oleh karena itu ibu hamil disarankan perlu banyak asupan asam folat setiap harinya karena untuk membantu tubuh anda dalam memproduksi serta menjaga kesempurnaan DNA dan RNA sebagai bahan genetic tubuh.

2. Buah apel
Buah apel adalah buah yang sangat kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, diantaranya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C. Karena dalam masa kehamilan ibu hamil sangat memerlukan asupan nutrisi, manfaat apel untuk ibu hamil adalah untuk mengatasi sembelit atau diare dan tentunya baik untuk perkembangan janin.
Kandungan gizi dan nutrisi pada apel seperti tannin, asam malat dan serat lainya sangat diperlukan untuk keperluan gizi ibu hamil, selain itu dengan mengoknsumsi buah apel setiap hari dapat menjaga berat badan anda tetap ideal.

3. Buah Anggur
Selain buah Alpukat dan buah Apel yang banyak mengandung asam folat dan vitamin
buah anggur juga mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil, diantaranya manfaat buah anggur adalah untuk mencegah timbulnya kangker karena buah anggur mengandung antioksidan selain itu buah anggur juga memiliki senyawa polifenol dan resveratrol yang berfungsi untuk berbagai metabolisme tubuh antara lain dengan memberikan asupan zat besi dan sumber energi. 

4. Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang kaya akan kandunagn kolin, zat besi dan juga kaya akan kalsium. Semua kandungan tadi sangat di butuhkan ibu hamil.
Kolin dalam brokoli dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan diabetes, zat besi dalm brokoli juga dapat menghindarkan anemia dan untuk ibu hamil melindungi sang bayi dari beberapa jenis kangker, selain itu brokoli juga mengandung banayak kalsium yang sangat dibutuhkan sang bayi untuk pertumbuhan kesehatan tulang, gigi dan pertumbuhan otot kelak.

5. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang mudah di temukan dan harganya sangat terjangkau. Bayam banyak mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk menyusui atau ibu menyusui, dan juga membantu dalam meningkatkan kualitas susu. Bayam juga merupakan sumber yang sangat kaya beta karoten dimana tubuh dengan mudah mengkonversinya menjadi vitamin A yang sangat penting untuk pekembangan janin selama kehamilan dan juga saat menyusui. Ibu hamil disarankan meningkatkan asupan vitamin A hal ini dikarenakan vitamin A berperan penting dalam perkembangan yang sehat dari janin.

Semua buah dan sayuran seyogyanya masing masing mamiliki manfaat dan kandungan yang berbeda. Selama masa kehamilan ibu memang memerlukan banyak asupan nutrisi dan vitamin yang dapat di peroleh dari beberapa buah dan sayauran tadi, selain itu semua kebutuhan nutrisi dan vitamin dapat di konsumsei sesuai dengan kebutuhan, karana semua yang berlebihan akan berdampak buruk. 
Karena bila ibu hamil makan berlebih asupan kalori akan membuat tubuh kegemukan, ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi yang gemuk pula. Akhirnya justru ibu hamil akan kesulitan menurunkan berat badannya setelah melahirkan nanti. Semoga sedikit pengetahuan ibu tentang beberapa manfaat buah dan sayuran ini dapat menjadi bermanfaat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar